Tokyo Motor Show 2015 – Honda tampaknya akan serius garap motor listrik

 

honda-ev-cub-concept-electric-07Di Tokyo Motor Show 2015 Honda menampilkan 4 motor konsep mereka. Yang menarik bagi Dablek Biker adalah supersport 250 yang kemungkinan kalau dari gosip adalah CBR 250 yang akan menjadi senjata Honda di waktu dekat ini untuk merebut pasar Sport 250cc. Yang kedua adalah Honda EV CUB motor elektrik honda yang bentuknya iconic sekali karena menggunakan desain motor Honda yang legendaris sebagai motor sejuta umat yaitu honda CUB. Kali ini Dablek bahas EV CUB-nya karena masa depan motor baik untuk santai sehari-hari maupun sport racing akan berada di motor listrik. Meski entah berapa tahun lagi.

Dari konsep EV CUB ini dapat dikatakan sebagai statement honda yang akan melirik pasar motor listrik secara lebih serius. Kendaraan listrik dapat dikatakan adalah masa depan jika melihat trend pasar saat ini yang menganggap isu lingkungan adalah penting, lalu dari segi teknologi juga mulai siap dengan baterai & motor penggerak yang semakin powerful namun tetap efisien. Bagi Dablek ini menjadi menarik karena dengan masuknya pabrikan besar yang ingin menggarap pasar ini secara serius berarti suatu saat dapat muncul Sport Electrik bukan hanya sekedar motor elektrik low power seperti yang selama ini ditawarkan pabrikan unbrand asal china.

Honda kelihatannya mulai melihat secara serius bahwa motor listrik adalah masa depan dan harus dapat menjadi raja dipasar motor elektrik harian seperti saat ini honda merajai pasar motor harian. Dan dengan masuknya pabrikan besar ke pasar ini tentunya kan menjadi akselerasi teknologi terutama motor listrik sebagai penggerak dan baterai sebagai sumber tenaganya.

Konsep yang diusung EV CUB ini  adalah tetap mempertahankan DNA Honda yaitu motor yang irit. Honda berusaha dengan kapasitas baterai yang diusungnya dapat memberikan jangkauan yang lebih jauh dan baterai dari EV CUB dapat dilepas dan dicharge terpisah. Konsep ini sangat menunjukkan bahwa yang menjadi sasaran dari EV CUB ini adalah warga urban Jepang yang membutuhkan kendaraan untuk menuju tempat yang tidak terlalu jauh, ramah lingkungan, dan efisien dari segi parkir yang cocok sebagai pengganti sepeda angin. Baterai lepas adalah konsep yang menarik karena untuk saat ini charging time masih terhitung lama. dengan baterai yang mudah dilepas pasang cocok sekali sehingga pengguna dapat memiliki beberapa unit baterai untuk memberikan pengalaman yang lebih efisien.

Dablek sangat berharap dengan masa depan motor listrik yang dapat dicharge dengan cepat dan dipakai hingga ratusan km dalam 1 kali charge dengan top speed yang memacu adrenalin yaitu lahirnya Sport Electric dapat cepat terwujud dengan masuknya Honda dalam pasar Motor Electrik. Meski saat ini hanya untuk motor harian dengan power kecil.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s