Honda siap bantai Kawasaki di kelas 250 dengan V2 Engine

honda-vfr-1200-engine-wallpaper-4

Beberapa waktu lalu Dablek Biker mengulas mengenai kawasaki yang akan mengeluarkan Ninja 4 Silinder Inline untuk mendongkrak image Ninja terutama di kelas 250 yang mulai dirong-rong oleh CBR 250 & R25. Nampaknya honda tidak akan tinggal diam dan menyiapkan senjata baru untuk mendongkrak image CBR 250.

Honda saat ini mulai mengembangkan V2 Engine untuk kelas 250. Meski belum ada kejelasan mengenai nama yang akan digunakan apakah CBR atau VFR. Namun apapun nama yang digunakan tentunya secara image akan mendongkrak image CBR 250 honda. Jadi kedepannya baik Honda maupun Kawasaki akan kembali mulai membentuk pasar 250 premium untuk para Hobbyist dengan teknologi terbaik yang dimiliki masing-masing pabrikan.

Mesin V dibandingkan mesin Inline tentunya memiliki keuntungan tertentu mulai dari torque yang lebih besar di RPM rendah serta mesin yang lebih compact dengan power yang besar. Jadi perkiraan pasar untuk akhir tahun 2018-2020 akan seru sekali untuk kelas 250 terutama untuk pasar Asia yang sangat cocok dengan kelas 250cc.

Jika dulu pada era 80-90an mesin 4 silinder dan mesin V sangat banyak dikeluarkan pabrikan motor dan menjadi favorit para penggemar motor sport. Pada saat 1997 dunia mulai mengalami krisis ekonomi yang parah terutama di kawasan asia. Sehingga pabrikan mulai banyak yang menghentikan pengembangan & produksi motor sport dengan mesin 4 Silinder dan mesin V untuk motor sport dengan kapasitas dibawah 400cc dan mengalihkannya ke kapasitas besar dengan memfokuskannya ke pasar Eropa & Amerika yang tidak terlalu terdampak krisis ekonomi 1997.

untitled-1

Namun kondisi ekonomi saat ini mulai berubah. Pasar Asia justru mengalami pertumbuhan yang terus positif sementara pasar Eropa & Amerika mulai mengalami perlambatan. Jadi tindakan baik Honda maupun Kawasaki ini merupakan suatu tindakan yang logis sebagai reaksi terhadap pasar Asia, terutama Asia Tenggara dan Asia Timur yang mengalami pertumbuhan pesat dan merupakan target yang paling tepat untuk motor sport dibawah 400cc terutama kelas 250cc. Pasar-pasar seperti Indonesia, Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Philippines & China merupakan pasar yang paling tepat untuk motor 250 kelas Premium. Siapapun yang berhasil menancapkan Image sebagai produsen motor 250 Premium terbaik akan menjadi raja dari kelas Sport 250 di pasar diatas. Yang tentunya akan mendongkrak penjualan untuk semua tipe Sport 250 & 150 dari pabrikan yang sama.

Menurut bro biker yang lain mana yang lebih menarik 4 Inline atau V2 Engine?

Advertisements

One response to “Honda siap bantai Kawasaki di kelas 250 dengan V2 Engine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s