Bingung Pilih Adventure Tourer Ideal??? CRF 250L Rally Vs Versys X 250

Untitled-1

Kelas Adventure Tourer 250 saat ini mulai banyak pilihan & digarap banyak pabrikan. Dari sekian pilihan dikelas Adventure 250, ada 2 pilihan menarik dengan karakter riding yang sangat berbeda diantara keduanya. Yaitu Honda CRF 250L Rally VS Kawasaki Versys X 250.

Yuk kita simak perbedaan karakter diantara keduanya.

Honda CRF250L Rally 

Ini motor yang basic adalah motor dirtbike. Dirancang dengan chasis kuat, minimalis, dan ringan. Siap untuk terbang dan terbanting-banting. Dengan mesin yang ringan namun meledak-ledak torsinyanya. Oleh karena itu CRF dibekali mesin satu silinder. CRF juga dibekali dengan suspensi dengan travel yang panjang dan soft untuk memastikan motor tetap penuh kendali saat menghadapi rangkaian impact di dirt track.

Mengalami pergeseran menuju rally, ada beberapa perubahan yang dilakukan Honda terhadap basicnya CRF250L: seat height lebih tinggi 2cm, ground clearance lebih tinggi 1.5cm, perlindungan angin (windscreen dan shroud), tanki yang lebih besar (total 10 liter), bobot naik 11 kg (total 156 kg). Kesemuanya ini agar CRF250L juga lebih cocok utk jelajah lebih jauh daripada sekedar dirttrack.

Kelebihan:

  1. Suspensi USD Showa yang superior.
  2. Chasis tahan banting yang dikembangkan dari dirt bike.
  3. Mesin satu silinder yang torque besar.
  4. Desain yang ramping dan menarik.
  5. Dengan sedikit modifikasi pada body dapat menjadikan motor ini super kece baik untuk perkotaan, touring, maupun saat di lintasan dirt.

Kekurangannya adalah:

  1. Tempat duduknya termasuk tinggi, bisa menyusahkan bagi biker yang tingginya cuman rata-rata alias ga tinggi-tinggi amat. CRF Rally lebih tinggi bahkan jika dibandingkan umumnya dirtbike. 895mm vs CRF250L 875 mm.
  2. Desain seat penumpang kurang bersahabat untuk pembonceng. Apalagi untuk jarak jauh.
  3. Kurang nyaman untuk touring jarak jauh. terutama yang sudah lebih dari 3 hari.
  4. Kapasitas tangki kurang besar.

Kawasaki Versys X 250

Untuk kelas adventurenya, Kawasaki lebih menurunkan karakter motor dari keluarga Versys 650/1000 ketimbang dari klan KLX/KX 250 seperti pilihan yang diambil oleh Honda.

Basis mesin dari motor ini adalah Ninja 250FI. 2 silinder 250cc yang paling berkarakter tourer dibandingkan mesin sport 250cc twin silinder lainnya. Karakter tenaga berisi di bawah dan tengah dengan kenaikan power yang relatif linear (rata) dibandingkan dengan R25 atau CBR250RR yang lebih mementingkan putaran atas.

Chasis dikembangkan dari nol. Dirancang lebih kuat dibandingkan keluarga 250cc lain untuk memastikan motor bisa memanggul load yang besar, beban penumpang dan medan jalan yang keras. Suspensi dirancang lebih besar ketimbang adiknya Ninja 250Fi (41mm vs 37mm).

Kelebihan:

  1. Karakter mesin tourer nyaman untuk cruising jarak jauh. Sifat 2 silinder juga membuat menjelajah pada kecepatan medium ke atas terasa lebih nyaman dibandingkan 1 silinder.
  2. Space untuk beban dan penumpang lebih luas dan nyaman. Chasis sebagai tourer memungkinkan load yang lebih besar.
  3. Daya jelajah jarak jauh, tanki 17 liter.
  4. Tinggi tempat duduk (hampir 10 cm lebih rendah drpd CRF250 Rally).

Kekurangan:

  1. Desain atau bentuk Versys yang memang terlihat bulky dan tidak seatraktif CRF250 Rally
  2. Versys (berat 170kg) nampaknya tidak selincah dan sefleksibel CRF250 Rally (berat 156kg) dalam menghadapi medan dirt. Pada kondisi medan dirt yang medium, motor seberat 170 kg (ABS) ini mungkin akan kesulitan.
  3. Suspensi masih telekospik.

 

Nah bingungkan mau pilih yang mana diantara CRF 250L Rally atau Versys X 250? jika ingin adventure tourer yang mampu melibas medan dirt dengan mudah tentunya pilihan jatuh pada CRF 250L Rally, namun untuk adventure tourer yang nyaman untuk perjalanan jauh dan masih bisa melibas medan dirt ringan Versys X 250 tentunya pilihan yang lebih tepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s