Honda Siap Gempur Pasar Motor Adventure 150.

Selama ini pasar motor adventure 150 di Indonesia hanya dikuasai oleh 2 pemain saja yaitu Kawasaki & Viar, dengan Kawasaki sebagai RAJA-nya. Namun tampak kondisi ini bisa saja berubah dalam beberapa waktu kedepan. Honda yang telah melihat potensi dari niche market adventure motor 150 di Indonesia tentunya tidak akan main-main dalam menggempur Kawasaki. Dapat dipastikan Honda akan menyiapkan amunisi yang benar-benar jitu untuk menggempur Kawasaki KLX 150. Seperti yang dilakukan Honda saat mengguncang pasar sport 250 yang dikuasai Ninja 250 dengan CBR 250RR. Yang dipersiapkan Honda tentunya tidak akan tanggung-tanggung & pastinya mematikan langkah kompetitornya.

KLX 150 vs CRF 150 - dablek biker.jpg

Meski saat ini Kawasaki baru saja memperbarui KLX 150 facelift 2017 dengan beberapa varian warna barunya, tidak akan memberikan jaminan posisi Kawasaki di pasar ini akan tetap aman. Pertama adalah faktor harga. KLX adalah CBU tentunya  akan memiliki harga yang lebih tinggi dengan pasar yang lebih niche, sementara Honda CRF 150 yang nantinya akan diluncurkan merupakan rakitan Indonesia, tentunya harganya dapat lebih menarik bagi pasar. Tidak dapat dipungkiri bagi sebagian besar orang harga adalah “buying factor” yang sangat penting diluar specs & fitur. Terutama bagi para pemula yang baru ingin mengincipi dunia motor cross atau sekedar bergaya dengan motor offroad tentunya harga yang lebih murah akan menarik. Dan dengan nama besar Honda meski bukan CBU, kualitas perakitan motor Honda tidaklah diragukan oleh masyarakat. Selain itu specs & fitur dari CRF 150 versi Indonesia tidaklah dapat diremehkan.

Untuk mesin berdasarkan bocoran, Honda akan memberikan mesin baru yang memiliki power besar diputaran bawah hingga menengah. Bukan menggunakan mesin megapro atau versa seperti desas-desus yang selama ini berkembang. Mesin ini kabarnya akan menggunakan SOHC 2 Valve yang dibuat khusus untuk lebih ringan dan ramping, sehingga memberikan balance yang lebih baik saat digunakan di lintasan motocross. Bagi pengguna serius tentunya ini lebih menarik daripada sekedar harga lebih murah dengan Brand Besar dibelakangnya.

Selanjutnya tentunya masalah kaki-kaki dari motor ini terutama depan dikatakan bakal menggunakan Shock USD dengan diameter yang besar untuk meredam getaran yang extrim saat digunakan menerobos medan yang ganas. Sekaligus mengikuti trend pasar yang saat ini sangat mengandrungi shock USD.

Dapatkah Kawasaki bertahan? ataukah kesuksesan CBR 250RR akan terulang dipasar motor adventure 150?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s