Safety Riding & Legalitas Usia Berkendara

20120828Pengemudi-Dibawah-Umur-270812-NKW-1.jpg

Adalah sesuatu yang sangat memprihatinkan di jalanan saat ini adalah semakin banyaknya anak-anak yang belum dewasa baik secara mental psikologis maupun secara hukum telah menggunakan kendaraan bermotor. Banyak anak SMA, SMP bahkan anak-anak SD yang sudah dibiarkan oleh orang tuanya untuk menggunakan kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil. Dan yang paling memprihatinkan adalah anak-anak ini sama sekali tidak mengerti mengenai peraturan lalu lintas, safety riding dan secara mental mereka belum siap membawa kendaraan bermotor dijalanan.

anak-anak ini bersliweran dijalan raya secara ugal-ugalan dan membahayakan pengguna jalan lainnya. Anak-anak ini kerap kali kebut-kebutan, bercanda di jalan, dan melanggar peraturan lalu lintas terutama lampu lalu lintas. Dan orang tuapun tampaknya biasa saja, bahkan beberapa bangga jika anak mereka yang masih di bangku SD atau SMP sudah bisa menyetir dan mengantarkan mereka.

Yang terparah adalah pernah dablek saksikan sendiri orang tua yang disetirkan oleh anaknya justru bangga saat anaknya bisa ngebut dan menyuruhnya menerobos lampu lalu lintas. Dimana orang tua yang seharusnya memberikan contoh safety riding malah memberikan contoh yang buruk. Polisi juga tampak membiarkan jika melihat anak berseragam sekolah SD dan SMP yang mengendarai kendaraan bermotor. Sejumlah sekolah juga membolehkan anak didik mereka membawa kendaraan bermotor ke sekolah. Hal yang jelas-jelas melanggar dan berbahaya ini telah bertahun-tahun sehingga terkesan sebagai hal yang biasa dan lumrah. Mau sampai kapan kita seperti ini?

Untuk kasus anak dibawah umur yang menggunakan kendaraan bermotor, seharusnya mendapatkan perhatian yang ekstra dari semua elemen masyarakat terutama orang tua, pendidik, dan polisi lalu lintas. Tindakan pembiaran selama ini justru akan membahayakan nyawa banyak orang. Sekolah seharusnya memberikan larangan tegas anak ke sekolah mengendarai kendaraan bermotor sendiri, orang tua lebih tegas untuk tidak memberikan sepeda motor atau mobil meski anak mereka merengek-rengek, dan pak Polisi sebaiknya merazia para anak-anak yang menggunakan kendaraan bermotor dan memanggil orang tua mereka ke polsek untuk mendapatkan pengarahan mengenai safety riding dan mengapa usia yang belum cukup umum sangat berbahaya bagi anak mereka dan pengguna jalan lainnya.

Korban laka lantas karena pengguna kendaraan bermotor dibawah umur sudah sangat banyak. Sudah saatnya kita sadar dan berhenti menggunakan berbagai alasan untuk membenarkan sesuatu yang salah. Salam Dablek.

Sedablek-dableknya, dablek biker dulu menunggu hingga punya SIM baru menggunakan motor ke jalanan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s